RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Status Pendidikan : MA
Kelas / Semester : XI/Genap
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan (2x45 Menit)
Alokasi Waktu : 2 jam Pelajaran (2X 45 Menit)
A. STANDAR
KOMPETENSI :
6. Membiasakan perilaku terpuji
B.
KOMPETENSI DASAR :
6.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil,
ridha, amal shaleh ,persatuan
dan kerukunan
6.2
Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil,ridha,amal shaleh,
persatuan dan kerukunan
6.3 Menunjukan nilai-nilai
positif dari adil, ridha dan amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam fenomena
kehidupan
6.4
Membiasakan perilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan dalam
kehidupan sehari-hari
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1. Siswa
mampu mendefinisikan pengertian dan
pentingya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
2. Siswa
mampu membandingkan pengertian ridha, amal shaleh, persatuan
dan kerukunan
3. Siswa
mampu menjelaskan contoh perilaku yang berbuat adil, ridha,
amal shaleh, persstuan dan kerukunan
4. Siswa
mampu menyebutkan tokoh-tokoh yang
berperilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kesatuan
5. Siswa
mampu menyebutkan akibat negatif ditinggalkanya sikap adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
6. siswa mampu meneladani orang-orang yang berperilaku adil,
ridha, amal shaleh, persatuan da kerukunan
7. Siswa
mampu menunjukan hikmah berperilaku adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
D. MATERI PEMBELAJAR :
1. Pengertian dan pentingnya adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
2. Contoh
perilaku orang yang bersikap adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan.
E. METODE :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Guru dan siswa membuka pelajaran
dengan basmalah
c.
Guru berkomunikasi dan
menanyakan kabar siswa
d.
Guru mengabsen siswa
e.
Guru menyampaikan tujuan atau
peta konsep pembelajaran dan pengenalan
f.
Guru membagi siswa yang hadir
menjadi 5 kelompok
g.
Guru mengintruksikan murid untuk
bergabung sesuai dengan kelompoknya dan membuat tempat duduk melingkar
|
|
2.
|
Kegiatan inti
|
|
|
a.
Guru meminta siswa untuk
memperhatikan video dan mengidentifikasi makna yang terkandung dalam video
dan di tulis perwakilan kelompoknya
b.
Guru menampilkan video
tentang ciri-ciri orang yang
berperilaku adil,
ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
c.
Guru mengintruksikan murid
untuk mencari pengetahuan berkaitan dengan berperilaku adil, ridha , amal shaleh, persatuan dan kerukunan
sesuai dengan pembagian kelompok.
d.
Siswa mendiskusikan kaitannya
antara pengetahuan yang telah di cari dengan video yang di tonton
e.
Siswa menulis hasil diskusi
yang berkaitan tentang:
1. Memberikan
contoh perilaku orang yang berbuat adil, ridha, amal
shaleh, persatuan dan kerukunan
2.
Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperilaku adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan
kesatuan
3.
Menyebutkan
akibat negatif meninggalkanya sikap adil, ridha, amal shaleh, persatuan dan kerukunan
f.
Setiap
kelompok mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang perilaku adil, ridha , amal shaleh, persatuan dan kerukunan
sesuai dengan pembagian kelompok.
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
a.
Guru mengadakan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah di laksanakan tentang perilaku adil, ridha , amal
shaleh, persatuan dan kerukunan.
b.
Guru mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang pembelajaran hari ini membenarkan sekiranya ada yang
kurang tepat sesuai yang di presentasikan oleh siswa
c.
Guru dan siswa menutup pelajaran
dengan hamdalah dan do’a bersama-sama
|
|
E. Sumber belajar :
·
Internet dan intranet
·
Buku paket Aqidah akhlak
·
LKS Aqidah Akhlak
·
LCD
·
Dll
F. Penilaian
NDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
TEHNIK PENILAIAN
|
BENTUK PENILAIAN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
Menjelaskan
pengertian adil, ridha, dan amal shaleh
|
Tes
t
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian tentang adil, ridha dan amal shaleh menurut bahasa dan istilah
|
Menjelaskan
pengertian persatuan dan kerukunan
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
Jelakan
pengetian tentang persatuan dan kerukunan menurut anda
|
Menyebutkan
ciri-ciri orang yangberperilaku adil, ridha,
dan amal shaleh
|
|
|
Sebutkanlah
ciri-ciri orang yang berperilaku adil, ridha, dan amal shaleh
|
Menyebutkan
tokoh-tokoh yang berperilaku adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan
|
|
|
Sebutkanlah
2 tokoh yang berperilaku adil, ridha, amal shaleh,
persatuan dan kerukunan
|
Menjelaskan
contoh orang yang berperilaku adil, ridha,
amal shaleh, persatuan dan kerukunan
|
|
|
|
Menunjukkan
contoh-contoh oramg yang bersikap persatuan dan
kerukunan
|
Tes
TULIS
|
Jawab
singkat
|
|
0 komentar:
Posting Komentar